2nd Annual Workshop: Rakornas SP4N-LAPOR!
July 12, 2023
Kegiatan 2nd Annual Workshop (Rapat Koordinasi Nasional) Optimalisasi dari Implementasi dan Capaian Target Peta Jalan di 2020-2024 Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Pada hari kedua kegiatan tanggal 12 Juli, diselenggarakan paparan progress pemanfaatan SP4N LAPOR di beberapa instansi daerah.
Acara ini menjadi tempat bagi para pemangku kepentingan yang terkait dalam memperkuat dan meningkatkan efisiensi sistem SP4N-LAPOR!. Dalam rangkaian acara tersebut, tidak hanya diselenggarakan diskusi dan konsultasi publik yang berkaitan dengan peraturan menteri terkait SP4N-LAPOR!, tetapi juga diseminasi hasil dari 6 lokasi pilot yang memberikan pengalaman berharga dalam penanganan pengaduan.
Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa narasumber, seperti Kepala Sekretariat Kantor Staf Presiden, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Asisten Koordinasi Peningkatan Pelayanan Publik Deputi 7 Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kepala Keasistenan Utama Pengaduan Masyarakat Ombudsman RI Patnuaji, Assistant Resident Representative UNDP Indonesia, serta berbagai tamu undangan lainnya yang memiliki peran penting dalam pengembangan sistem pengaduan pelayanan publik nasional.
Acara ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendengarkan aspirasi serta pengaduan masyarakat dengan lebih efektif melalui platform SP4N-LAPOR!. Selain itu, penyelenggaraan acara ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan implementasi peta jalan 2020-2024 yang telah ditetapkan, memastikan bahwa tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara maksimal.