KSP mengikuti Drill Test Penanggulangan Insiden Web Defacement yang diadakan oleh BSSN

February 12, 2020

Kantor Staf Presiden (KSP) mengikuti kegiatan Cyber Security Drill Test Sektor Pemerintah yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada tanggal 7 s.d. 8 November 2018 di Hotel Aston Simatupang Jakarta. BSSN menginisiasi kegiatan ini dikarenakan banyak sekali situs website milik pemerintah yang menjadi korban dari serangan web defacement, sehingga BSSN mengajak stakeholder pemerintah agar bersama belajar dan berlatih sehingga siap dalam menanggulangi insiden keamanan siber khususnya insiden web defacement.

Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN ini juga menegaskan, Marsekal Muda TNI Asep Chaerudin, M.A.S.S.. dan dikuti oleh para stakeholder antara lain KSP, BPPT, MK, Kemendagri, Kemenlu, Kementan, Kemenristek Dikti, LAPAN, ANRI, Pemprov DKI, Pemprov Jabar, Pemprov Jateng, Pemprov Kalsel, Pemprov Sulsel.

Kegiatan Cyber Security Drill test diawali dengan diskusi dan paparan oleh narasumber yaitu Bisyron Wahyudi dan Tim dari Id-SIRTII BSSN, dan di akhir  kegiatan selama 2 hari ini di umumkan peraih nilai terbaik yaitu KSP, BPPT, dan dari sektor Pemerintah Daerah yaitu dari Pemprov Jabar.